banner 728x250
Berita  

Walter S Penyang: Petunjuk Pali Tidak Dapat Dipasang dengan Hati-hati

banner 468x60

Sukamara – Ketua Dewan Adat Hindu Kaharingan Kalteng (Kalteng) Kalteng (Kalteng) Kalteng (MB-AHK) menegaskan, Hinting Pali tidak bisa dipasang sembarangan, Hinting Pali merupakan ritual keagamaan Hindu Kaharingan yang sangat sakral dan tidak bisa ditaati. bermain dengan.

banner 336x280

“Makanya saya berpesan, agar Pali Hint ini jangan dipasang sembarangan. Karena, ini ritual agama kita, Hindu Kaharingan. Tidak bisa digunakan untuk masalah seperti sengketa tanah, yang dimaksudkan untuk menekan salah satu pihak,” kata Walter dalam pidatonya. sambutan saat Kegiatan Adat Menghangatkan Bantan PT Harapan Hybrid West Kalimantan-Sungai Bila Estate (HHK-SBE) Desa Lupu Peruca, Kecamatan Balai Riam, Kabupaten Sukamara, Sabtu (11/6/2022).

Ia melanjutkan, masyarakat Dayak khususnya di Kecamatan Balai Riam, Permata Kecubung dan Sukamara harus menjaga adat istiadat setempat dan tidak terpengaruh oleh adat dari luar yang tidak sesuai dengan adat setempat.

“Saya berharap masyarakat bisa menjaga adat budaya kita, setiap permasalahan bisa diselesaikan dengan baik, secara internal di masyarakat itu sendiri, jangan sampai ada pihak luar yang membuat suasana tidak kondusif,” harapnya.

Sekretaris Jenderal (Sekum) MB-AHK Tampung Penyang Palangkaraya yang juga Dosen Institut Agama Hindu Negeri Pranata (IAHN) menjelaskan, banyak Pali Hinting yang kemudian disalahgunakan oleh oknum tertentu.

Kondisi ini harus dihindari di masyarakat, karena pemasangan Hinting Pali yang disertai dengan tuntutan sejumlah uang tertentu bukanlah hinting yang sebenarnya, sehingga dapat dikatakan sebagai hinting.

“Kita sudah buka imbauan seperti itu, bayangkan 300 kilometer persegi isyarat keluar kabupaten, tuntutan 11 miliar, akhirnya Danramil dan Polsek tahan kiri kanan, Camat potong dan yang beri isyarat kabur,” ujarnya. dijelaskan.

Di tempat yang sama, Sekretaris Dewan Adat Daerah (DAD) Kabupaten Sukamara yang juga Panglima Brigade Pertahanan Masyarakat Adat Dayak (Batamad) Sukamara Harapan O menyampaikan apresiasi positif atas kepedulian PT HHK-SBE terhadap pelestarian. adat istiadat masyarakat Dayak khususnya Kecamatan Permata Kecubung dan Balai Riam. .

“Terima kasih kepada PT HHK-SBE yang telah menyelenggarakan kegiatan ini, semoga kita dapat terus bersinergi dengan masyarakat sekitar dan kegiatan ini dapat terus berlanjut di masa yang akan datang,” ujarnya.

Sementara itu General Manager (GM) PT HHK-SBE Dwi Nugroho mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian perusahaan terhadap adat dan kearifan lokal masyarakat sekitar.

“Kami berharap dengan adanya kegiatan ini dapat terus bersinergi dengan masyarakat sekitar dan dapat menjalin komunikasi yang baik,” pungkasnya. (M.Andreyanto/Tim).

banner 336x280
banner 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published.