banner 728x250
Berita  

Tingkatkan Kesadaran LH CCEP Indonesia Gelar Pelatihan

banner 468x60

BEKASI – Sebagai upaya meningkatkan kesadaran lingkungan, CCEP Indonesia mengadakan pelatihan pengelolaan sampah berbasis rumah tangga dan pengembangan budidaya lidah buaya, Rabu (29/9).

banner 336x280

Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian program pendampingan masyarakat dan pengembangan pelatihan sebelumnya bertajuk Bestari Village yang digelar bersama warga sekitar Pabrik Bekasi 1, Desa Sukadanau, Kecamatan Cikarang Barat. Sebanyak 30 peserta mengikuti pelatihan yang didominasi oleh perempuan dan ibu-ibu di daerah tersebut.

Dalam kegiatan ini, para peserta dibekali dengan kemampuan mengelola sampah dengan baik, termasuk cara memilah dan mengelola sampah organik dan anorganik.

Tidak hanya itu, peserta juga dibekali dengan kemampuan mengelola sampah organik menjadi kompos. Selanjutnya kompos yang dihasilkan dapat digunakan sebagai penambah nutrisi tanaman yang sudah ada, termasuk tanaman lidah buaya yang telah dibudidayakan oleh para peserta di rumahnya masing-masing selama beberapa bulan terakhir.

“Pelatihan ini dapat menambah pengetahuan kita dalam hal pengelolaan sampah. Apalagi dari sampah organik yang sudah diolah bisa kita manfaatkan sebagai pupuk tanaman lidah buaya yang kita tanam di sini,” kata R. Nugraha, Ketua RT.007/013 Desa Sukadanau, Kecamatan Cikarang Barat.

Tidak hanya sampah organik, peserta juga mendapatkan materi terkait sampah anorganik, dalam hal ini khususnya sampah plastik untuk kemasan minuman. Melalui pengelolaan dan pemilahan sampah diharapkan masyarakat dapat memperoleh nilai tambah dari sampah, baik secara finansial maupun fungsional. Dimana, sampah anorganik dapat didaur ulang dan digunakan kembali menjadi barang jadi lainnya, seperti souvenir dan barang-barang rumah tangga lainnya.

“Dengan memiliki pengetahuan tentang pengelolaan sampah, yang juga menyampaikan pentingnya pemilahan sampah, masyarakat menjadi sadar akan manfaat dari sampah. Sehingga perilaku masyarakat terhadap pengelolaan sampah menjadi lebih baik. Pemahaman tersebut juga diharapkan dapat membantu mengatasi permasalahan lingkungan khususnya terkait sampah yang hingga saat ini terus menjadi perhatian kita semua,” ujar Radita A. Wicaksana, Corporate Affairs Manager CCEP Indonesia.

Kedepannya kegiatan ini akan terus dilakukan dengan materi dan kegiatan pelatihan yang lebih berkembang. Salah satunya dengan membentuk bank sampah yang diharapkan dapat membantu mengatasi permasalahan sampah di wilayah Kabupaten Bekasi. (merah)

banner 336x280
banner 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *