banner 728x250
Berita  

Sertifikasi Tanda Tangan Elektronik Mencegah Pemalsuan Dokumen

banner 468x60

Barito Utara – Dengan pesatnya perkembangan teknologi dalam beberapa tahun terakhir, inovasi digital yang dapat diimplementasikan di sektor pemerintahan juga dituntut untuk berbanding lurus dengan perkembangan zaman yang terus bergeser ke dunia digital untuk memudahkan masyarakat dan pemerintah dalam menjalankannya. keluar kegiatan mereka.

banner 336x280

Salah satunya adalah Tanda Tangan Elektronik yang dikembangkan oleh Badan Siber dan Sandi Negara melalui Pusat Sertifikat Elektronik (BSre) untuk mencegah pemalsuan dokumen berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik dan Peraturan Pemerintah Nomor .71 tahun 2018.

Menyusul hal tersebut, Dinas Komunikasi dan Informatika dan Sandi Negara (Diskominfosandi) Kabupaten Barito Utara melakukan Analisis Kebutuhan Tanda Tangan Elektronik di Kabupaten Barito Utara dengan Pusat Sertifikat Elektronik (BSre) melalui Video Conference di Ruang Rapat Bappedalitbang Utara. Kabupaten Barito.

Kegiatan tersebut dihadiri Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Drg. Dwi Agus Setijowati, Kepala Dinas Kominfosandi HM Ikhsan, AKS., Kepala BKPSDM, H. Fakhri Fauzi, Pejabat Sekretariat DPRD, Dukcapil dan staf teknis lainnya, Rabu (24/8/2022).

Ketua Kominfosandi HM Ikhsan menyampaikan bahwa penggunaan Sertifikat dan Tanda Tangan Digital (elektronik) nantinya sebagai sarana perlindungan data dan dokumen serta sebagai bentuk pelayanan jaminan keamanan yang diberikan oleh pemerintah.

“Nantinya akan diuji terlebih dahulu pada Bupati, Wakil Bupati, Sekretaris Daerah, Dinas Komunikasi dan Informatika dan BKPSDM, kedepannya akan diterapkan ke seluruh perangkat daerah agar keamanan dokumen yang dikeluarkan instansi pemerintah bisa lebih aman,” dia berkata.

Pemateri dari BSre melalui Sandiman, Luvisa Kusuma, S.St., MM., menjelaskan bahwa sertifikat elektronik ini tidak hanya mempermudah tetapi juga menjaga keamanan data dan dokumen yang dikeluarkan oleh pemerintah.

“Perbedaan tanda tangan elektronik bersertifikat dan tidak bersertifikat sangat mudah dipalsukan, sulit mengetahui perubahan informasi elektronik dan waktu penandatanganannya,” jelasnya. (@bohong/kmf).

banner 336x280
banner 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published.