banner 728x250
News  

Polisi bantu ibu dari pulau terpencil melahirkan di kapal patroli

banner 468x60

Tugas-tugas kemanusiaan seperti itu wajib pula kami lakukan

banner 336x280

Kupang (ANTARA) – Anggota Direktorat Polisi Perairan dan Udara Polda NTT menolong seorang ibu melahirkan di dalam kapal patroli milik aparat kepolisian setempat saat dalam perjalanan dari daerah terpencil Pulau Messah menuju ke Labuan Bajo, Manggarai Barat.

Kabid Humas Polda Nusa Tenggara Timur (NTT) AKBP Ariasandy kepada wartawan di Kupang, Selasa, mengatakan bahwa proses melahirkan seorang ibu bernama Gia Ginatri, (32) itu terjadi di atas kapal patroli bernama Pulau Raijua XXII-3005.

“Aparat Ditpolairud di Labuan Bajo mendapatkan informasi soal itu bahwa di Pulau Messah¬†ada ibu yang hamil dan membutuhkan pertolongan melahirkan,” katanya.

Ibu tersebut diketahui dirujuk ke Puskesmas Labuan Bajo, Manggarai Barat, karena mau melahirkan. Di Pulau Messah sendiri tidak terdapat fasilitas yang memadai dalam persalinan.

Mendapatkan informasi tersebut, empat personel Ditpolairud Polda NTT dan satu personel Pamobvit Polres Manggarai Barat dipimpin oleh Bripka Willfridus Kein bergegas menuju Pulau Messah dan langsung mengevakuasi pasien tersebut bersama dua bidan untuk dibawa ke Puskesmas Labuan Bajo.

Di tengah laut dalam perjalanan menuju ke Labuan Bajo, pasien dilihat menunjukkan tanda-tanda mau melahirkan.

Menghadapi situasi darurat tersebut, aparat kepolisian yang ada di atas kapal dengan sigap menyiapkan berbagai peralatan dan keperluan yang dibutuhkan oleh bidan agar proses persalinannya berjalan lancar.

“Ibu itu kemudian melahirkan dengan lancar di atas kapal Polri. Bayinya berjenis kelamin perempuan dan dalam keadaan sehat,” tambah dia.

Ia menjelaskan bahwa dengan adanya kejadian menunjukkan bahwa kehadiran Polri tidak hanya sebagai pengaman atau penegak hukum, namun juga merupakan pelayan masyarakat.

“Tugas-tugas kemanusiaan seperti itu wajib pula kami lakukan,” tambah dia.

“Polri bukan saja berfungsi sebagai penegak hukum namun juga merupakan pelayan masyarakat. Tugas-tugas kemanusiaan seperti itu wajib pula dilaksanakan,” katanya.

Baca juga: Perempuan melahirkan di kapal di tengah badai

Baca juga: Pemudik NTT melahirkan di atas kapal

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Achmad Zaenal M
COPYRIGHT © ANTARA 2022

SumberAntara

banner 336x280
banner 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published.