banner 728x250
Berita  

Menko Polhukam Apresiasi Kongres Mujahid Digital MUI

banner 468x60

Menko Polhukam Mahfud MD saat membuka Kick Off Kongres Mujahid Digital dan Konsolidasi Nasional Infokom MUI di Jakarta, Rabu 31 Agustus 2022 (Foto: Istimewa).

banner 336x280

Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Prof Dr Mahfud MD mengapresiasi Kongres Mujahid Digital yang akan diselenggarakan Komisi Informasi dan Komunikasi Majelis Ulama Indonesia (Infokom MUI) dalam waktu dekat.

Saat membuka Kick Off Kongres Mujahid Digital dan Konsolidasi Nasional Infokom MUI di Jakarta, Rabu (31/8/2022), Menko Polhukam menyambut dan mendukung kongres dengan tema besar “Transformasi Islam Wasathiyah untuk Peradaban Global”.

“Umat Islam yang baik di era sekarang ini, tidak hanya bertakwa, tetapi harus memasuki dunia digital,” ujarnya pada acara yang juga dihadiri Wakil MUI KH Marsudi Syuhud, Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah KH Chalil Nafis, Ketua MUI Infokom KH Masduki Baidlowi, Wakil Sekjen MUI KH Asrori S Karni, dan Ketua Komisi Infokom KH Mabroer MS.

Acara tersebut juga dihadiri oleh anggota Komisi I DPR RI HM Arwani Thomafi, Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) DKI Jakarta Kawiyan dan perwakilan dari berbagai ormas Islam seperti Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah, Mathla’ul Anwar, dan Majelis Rasulullah. .

Lebih lanjut Menko Polhukam menyatakan bahwa jihad tidak boleh diartikan secara sempit sebagai perang fisik. Orang-orang yang berjihad, lanjutnya, adalah orang-orang yang mengubah akhlaknya dalam pergaulan dan muamalah, toleran (menerima perbedaan), dan melaksanakan dakwah dengan santun, dan jihad di era ini harus memasuki dunia digital.

“Mari mengamalkan Islam dengan baik dengan menerapkan nilai-nilai Islam Wasathiyah, yaitu Islam yang maju, toleran, membentuk kehidupan sosial yang damai dan saling menghargai, mengejawantahkan ajaran agama yang inklusif dan bersatu serta beradab,” ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Pelaksana Mujahid Digital, Idy Muzayyad mengatakan, kick off Mujahid Digital ini dimaksudkan sebagai semacam launching Musyawarah Nasional dan Konsolidasi Infokom MUI. Kongres akan diadakan pada 15-17 September 2022.

Rangkaian kegiatan kongres tersebut, kata Idy, antara lain Kick Off, Youtuber Halaqah, Lomba Video Pendek, Desain Logo Mujahid Digital, Lomba Artikel Ilmiah dan Lomba Cerpen (Cerita Pendek) serta Konsolidasi Komisi Infokom MUI se-Indonesia.

Lebih lanjut Idy menjelaskan, MUI melihat perkembangan teknologi sebagai pedang bermata dua yang bisa membawa berkah dan bencana.

Oleh karena itu, jelas Idy, MUI menggelar Kongres Mujahid Digital agar dunia digital tidak menjadi liar, melainkan membawa berkah dan manfaat. (Merah).

banner 336x280
banner 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published.