banner 728x250
Berita  

Lapas Kelas IIA Cikarang Telusuri Blok Perumahan

banner 468x60

Daerah. Bekasi – Berdasarkan arahan Dirjen Pemasyarakatan mengenai tiga kunci Pemasyarakatan lanjutan yaitu Deteksi Dini. Sinergi dengan APH dan perang terhadap narkoba.

banner 336x280

Petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Cikarang, melakukan kegiatan pemberantasan HALINAR melalui penggeledahan (INSPEKSI/SIDAK) blok perumahan Sadewa, Kamar E1.2 dan E2.8. Senin (21/11/22) malam

Dengan menyambangi blok perumahan Sadewa, petugas Lapas Kelas IIA Cikarang langsung meminta penghuni untuk keluar dari ruang blok tersebut.

Kemudian petugas langsung melakukan penggeledahan di kamar tempat tinggal para napi. Hal tersebut dilakukan petugas dengan tujuan menjaga stabilitas keamanan dan upaya pencegahan gangguan kamtib.

Kegiatan pemeriksaan dilakukan oleh jajaran keamanan yang meliputi Tim Pengamanan II dan Staf Rajawali (KPLP dan Kamtib).

Kegiatan diawali dengan upacara terkait kedisiplinan petugas dalam menjalankan tugas dan pengecekan kerapian pakaian dinas serta pemberian himbauan untuk tertib dalam mengenakan pakaian.

Disampaikan pula mengenai arahan Kepala Bagian Pemasyarakatan mengenai 4 landasan karakter petugas Pemasyarakatan dan dilanjutkan dengan pembagian tugas oleh Koordinator Staf Rajawali terkait penetapan titik-titik wilayah pemeriksaan dan pembagian lembaga pemeriksa.

Dalam pemeriksaan dan standarisasi ruangan tempat tinggal, petugas mencatat temuan serta mendokumentasikan kegiatan dan menyusun laporan.

Adapun dari hasil kegiatan pemeriksaan ini ditemukan beberapa barang yang dilarang di dalam kamar hunian antara lain 2 unit handphone, 2 charger, 2 rangkaian pemasangan kabel, 1 buah Sajam,
Obeng artifisial 1 buah, sendok besi 2 buah dan asbak besi 1 buah,” ujar Kepala Kelas IIA Cikarang Very Johanes.

Sangat ditambahkan, untuk selanjutnya barang hasil penggeledahan dibuat berita acara penyitaan dan diinventarisasi untuk dilakukan pemusnahan barang bukti yang ditemukan.

“Alhamdulillah pencarian blok rusun berjalan lancar, aman dan kondusif,” ujarnya.

“Sementara aktif malam ini dilakukan dalam rangka deteksi dini gangguan kamtib dan optimalisasi keamanan lapas, termasuk stabilitas keamanan lapas dan kegiatan dilakukan secara rutin dan berkesinambungan,” ujar Very.

banner 336x280
banner 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *