banner 728x250
News  

KPK gelar festival film internasional di Bali meriahkan ACWG G20

banner 468x60

Badung (ANTARA) – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar festival film internasional pada 6–7 Juli 2022 di Badung, Bali, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai antikorupsi sekaligus memeriahkan Anti-Corruption Working Group (ACWG) Putaran Ke-2.

banner 336x280

Direktur Sosialisasi dan Kampanye Anti-Korupsi KPK Amir Arief saat ditemui di Badung, Bali, menyampaikan festival film itu menjadi kesempatan yang perlu dimanfaatkan bagi masyarakat, sineas, dan penikmat film khususnya di Bali.

“Festival film internasional ini baru pertama digelar oleh KPK, tetapi untuk festival yang skalanya nasional (ACFFEST) sudah masuk tahun ke-8,” kata Amir Arief saat diwawancarai ANTARA, Rabu.

Baca juga: KPK kenalkan praktik pendidikan antikorupsi dalam pertemuan G20 ACWG

Setidaknya ada 13 film dari 10 negara yang ditampilkan dalam ACFFEST 2022 International Film Screening pada 6–7 Juli 2022.

Belasan film itu, yang seluruhnya film pendek berdurasi 6 menit—18 menit, berasal dari Thailand, Indonesia, Prancis, Iran, Singapura, Estonia, India, Amerika Serikat, dan Yunani.

“Untuk film-film asing memang kami undang, para mitra, filmmaker yang ada di luar negeri, lalu kami kurasi dan pilih film-film yang relevan, bagus, dan punya pesan kuat,” kata Direktur Sosialisasi dan Kampanye Anti-Korupsi KPK.

Baca juga: Indonesia ajak G20 waspada risiko korupsi di sektor energi terbarukan

Ia berharap acara nonton bareng film-film bertema antikorupsi itu dapat menjadi ajang kampanye yang menghibur dan mudah diterima masyarakat.

“Tujuannya (menggunakan film sebagai media kampanye), karena kami menggunakan pendekatan pop culture, karena seni audiovisual itu media kampanye yang ringan, tetapi menyentuh dan memikat bagi masyarakat,” kata Amir.

Baca juga: G20 dorong peningkatan peran audit pemberantasan korupsi

Di samping pemutaran film, festival film internasional menampilkan acara diskusi dan bincang-bincang bersama sutradara dan sineas yang tidak hanya dari Indonesia tetapi dari negara lain seperti Iran.

ACFFEST International Film Screening KPK berlangsung di Cineapolis, Lippo Mall Kuta, Badung, Bali. Masyarakat yang ingin menyaksikan film-film pendek karya sutradara dari 10 negara dapat registrasi terlebih dahulu di laman bit.ly/acffestonscreen.

Masyarakat yang ingin menonton film di ACFFEST International Film Screening KPK 2022 tidak dipungut biaya.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Herry Soebanto
COPYRIGHT © ANTARA 2022

SumberAntara

banner 336x280
banner 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published.