banner 728x250
Berita  

Jembatan Sungai Taki Perlu Perhatian Khusus Pemerintah Daerah

banner 468x60

Lamandau – Warga Desa Kujan, Kecamatan Bulik meminta agar Jembatan Sungai Taki yang merupakan cabang dari Sungai Lamandau yang terletak di Jalan Tjilik Riwut ini perlu mendapat perhatian khusus dari Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Lamandau, Provinsi Kalimantan Tengah.

banner 336x280

Pasalnya, jembatan tersebut setiap hari selalu mengalami penurunan akibat tergerus air dan kami berharap instansi terkait segera melakukan pengalihan arus atau penutupan jalan, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” ujar seorang warga Desa Kujan yang melakukan tidak mau disebutkan namanya, Rabu (7/9/2022).

Ia melanjutkan, kondisi jembatan saat ini sangat memprihatinkan, mudah-mudahan pemerintah daerah segera membangun jembatan dengan yang lebih kuat.

“Kondisi jembatan tersebut sangat berbahaya dan banyak kendaraan yang melintas, jika jembatan tersebut tidak segera diperbaiki dapat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” jelasnya.

Ia mengungkapkan, sementara itu kami mempersoalkan penanganan pemerintah terhadap jembatan yang terus memenuhi jembatan dengan tanah sebagai alasan untuk penanganan darurat, padahal beban yang harus diterima jembatan menyebabkannya ambruk dan pondasinya rusak karena semakin berat.

Penumpukan tanah justru terlihat semakin memberatkan dan berbahaya, suatu saat bisa runtuh, harus segera dibongkar dan dibangun kembali.

“Intinya kita cegah sebelum terjadi kejadian yang membahayakan, jangan sampai terjadi hal yang tidak diinginkan sebelum kita perhatikan,” kata warga.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kab. Lamandau Triadi, Bidang Lalu Lintas dan Angkutan, Indra Presmana saat ditemui awak media di kantornya mengatakan, akhir pekan lalu kami telah melakukan peninjauan dan pemasangan rambu lalu lintas dan pembatas jalan di lokasi tersebut, dengan tujuan agar pengendara dapat lebih lambat dan lebih berhati-hati saat menyeberang.

Ini tindak lanjut kami setelah mendapat laporan dari masyarakat bahwa ambruknya jembatan tersebut telah memakan banyak korban dan membahayakan pengguna jalan.

“Hari ini kami sudah menyampaikan pemberitahuan kepada Bupati Lamandau terkait penutupan dan pengalihan jalan tersebut,” pungkasnya. (M.Andreyanto).

banner 336x280
banner 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published.