banner 728x250
Berita  

INOVASI PELAYANAN RS SIKABUNGAH CIAWI

banner 468x60

BOGOR – Pembangunan sumber daya manusia dimulai dengan menjamin kesehatan ibu hamil, kesehatan bayi dan anak karena merupakan masa keemasan untuk menghasilkan manusia Indonesia yang unggul, terhindar dari stunting, serta menurunkan angka kematian bayi dan kematian ibu.

banner 336x280

Upaya peningkatan mutu pelayanan kesehatan terus dilakukan dengan mengoptimalkan kualitas pelayanan ANC dan PNC dengan deteksi dini dengan sistem rujukan terpadu SISRUTE dari fasilitas kesehatan tingkat satu hingga fasilitas kesehatan tingkat lanjut di kabupaten dan provinsi. Oleh karena itu, RSUD Ciawi menghadirkan inovasi terbaru yaitu SIKABUNGAH (Sistem Informasi Ibu Hamil dan Tumbuh Kembang Sehat) RS Ciawi Kabupaten Bogor.

Optimalisasi pelayanan deteksi dini tumbuh kembang ibu hamil dan anak melalui implementasi aplikasi elektronik SIKABUNGAH sangat diperlukan dalam meningkatkan kualitas pelayanan dan deteksi dini kesehatan ibu hamil dan tumbuh kembang anak dalam mendeteksi kondisi anak yang mengalami gangguan di perkembangan dan pertumbuhan mereka.

Memberikan ruang bagi penderita stunting untuk mendapatkan pelayanan kuratif dan rehabilitatif melalui pelayanan medis terbaik dan terpadu di RS Ciawi.

Kepala Bagian Medik RSUD Ciawi Kabupaten Bogor dr. AJENG NORMALA, Sp.OG mengatakan Pelayanan Inovasi SIKABUNGAH di RS Ciawi Kabupaten Bogor mengutamakan respon pelayanan yang cepat melalui sarana dan prasarana yang sesuai standar yang dibalut dengan sistem teknologi informasi yang terintegrasi sehingga dapat meningkatkan ketersediaan informasi data kehamilan ibu. dan tumbuh kembang anak dapat diperoleh dengan lebih cepat dan tepat.

Kepala Bagian Medik RSud Ciawi juga mengatakan dengan mulai penggunaan aplikasi SIKABUNGAH ini diharapkan masyarakat mendapatkan pelayanan terbaik dari RSUD Ciawi, serta mendapatkan informasi terkini tentang kondisi kehamilan ibu. dan perkembangan anak secara digital.

Layanan Pain Diary Dengan Teknologi 4G Akan Hadir di RS Ciawi
Untuk memberikan kemudahan pelayanan bagi penderita kanker, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ciawi terus berupaya menghadirkan inovasi baru pada pelayanan kesehatan Puskesmas Bogor, salah satunya dengan menghadirkan layanan kesehatan Pain Diary dengan teknologi digital 4G, sehingga pasien dapat dengan mudah mengirim skor nyeri mereka secara online. online dari rumah mereka. Diungkapkan, Pendiri Bogor Pain Center RSUD Ciawi, Dr M. Tsani Musyafa, Sp. OT, M.kes melalui siaran langsung di Radio Teman 95.3 FM, Selasa (9/8/22).

Instalasi Manajemen Nyeri (IMANI) atau Bogor Pain Center RSUD Ciawi merupakan layanan berupa instalasi rumah sakit pertama di Indonesia yang memberikan pelayanan multi disiplin dalam manajemen nyeri.

Pain Diary adalah aplikasi untuk mencatat dan mengukur skor atau skala nyeri yang diderita oleh pasien kanker atau dalam istilah medis disebut dengan Brighton, sehingga dapat memudahkan tim medis dalam pemberian dosis obat sesuai skala atau skor jumlah sakit yang diderita pasien.

“Sehingga pasien dapat dengan mudah mengontrol dan mengukur skala nyerinya secara online melalui layanan Pain Diary. Mereka juga bisa mengirimkan skor nyeri dari rumah masing-masing secara online, sebagai bahan evaluasi kami saat mereka dalam kontrol,” kata dr Tsani Musyafa.

lanjut dr Tsani menjelaskan bahwa Pain Diary sangat berguna dalam menentukan dosis obat untuk pasien kanker, karena dosis obat akan tergantung dari skor nyeri pasien per hari, sehingga pihaknya dapat memberikan dosis obat yang sesuai dengan kebutuhan pasien.

Saat ini masih dicatat secara manual oleh pasien setiap hari melalui kertas yang disediakan oleh RS Ciawi dan hasilnya akan terlihat saat pasien mengambil kendali.

“Ini sangat perlu sosialisasi kepada masyarakat, karena sakitnya bisa naik turun, jadi dosis obatnya sangat tergantung naik turunnya sakit. Untuk itu kami berupaya memberikan layanan Pain Diary untuk memudahkan pasien kanker, dengan sistem yang baik, untuk memudahkan masyarakat memberikan informasi kepada kami,” jelasnya.

Menurutnya, pelayanan nyeri merupakan pelayanan yang sangat penting bagi masyarakat, karena sebagian besar masyarakat ketika datang ke rumah sakit pasti mengalami nyeri.

“Dari ujung rambut sampai ujung kaki, keluhan yang paling banyak adalah nyeri, makanya kami memberikan pelayanan yang komprehensif tentang nyeri,” ujarnya.

(Tim Komunikasi Publik/Diskominfo Kabupaten Bogor) – (Adv/Zakaria)

banner 336x280
banner 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published.