banner 728x250
Berita  

Gubernur Kalteng Serahkan 61 Sapi Kurban ke Barut

banner 468x60

Barito Utara – Gubernur Kalteng (Kalimantan Tengah) H Sugianto Sabran menyerahkan bantuan sebanyak 61 ekor sapi kepada 9 (sembilan) ekor sapi kurban di Kabupaten Barito Utara (Barut), Jumat (8/7/2022).

banner 336x280

Sapi kurban diserahkan di halaman Masjid Jami Abdurrahim usai salat Jumat.

Puluhan sapi kurban diserahkan secara simbolis oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Kalimantan Tengah, H Shalahuddin kepada Bupati Barito Utara H Nadalsyah didampingi Wakil Bupati Sugianto Panala Putra, Sekretaris Daerah Drs Muhlis, Kepala Dinas Kominfo Kalteng, Asisten Sekretaris dan Kepala Perangkat Daerah serta undangan lainnya.

Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran dalam sambutan tertulisnya yang disampaikan Kepala PUPR H Shalahuddin mengatakan, sebagai bentuk kepedulian Pemprov Kalteng kepada masyarakat khususnya umat Islam yang akan merayakan Idul Adha 1443 Hijriah, Kalteng Pemerintah Provinsi telah menyalurkan bantuan 416 ekor sapi untuk kurban. ke 14 kabupaten dan kota di Kalimantan Tengah.

“Khusus Kabupaten Barito Utara menerima 61 ekor sapi yang terdiri dari 60 ekor sapi biasa dan 1 (satu) ekor sapi limusin. Bantuan hewan kurban disalurkan melalui masjid, musholla, ponpes dan panti asuhan di kabupaten dan kota, dengan harapan masyarakat sekitar yang membutuhkan dapat memanfaatkan daging kurban saat perayaan Idul Adha,” ujarnya. Shallahuddin membacakan sambutan Gubernur Kalteng.

Ia mengatakan, sehubungan dengan situasi wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), upaya yang dilakukan untuk memitigasi risiko dan menyesuaikan tata cara pelaksanaan kurban yaitu pada tahapan penjualan hewan kurban, pengecekan kesehatan kurban. hewan kurban, penyembelihan hewan kurban, penanganan daging kurban dan penanganan limbah pemotongan hewan qurban. .

Lebih lanjut, Kepala Dinas PUPR Kalteng, bantuan hewan kurban dari Pemprov Kalteng telah melalui pemeriksaan kesehatan oleh pihak terkait dan insya Allah bebas dari penyakit mulut dan kuku atau PMK.

“Untuk itu, kami berharap kepada pengurus masjid yang menerima bantuan hewan kurban tetap memperhatikan tata cara penyembelihan dan pendistribusian daging kurban khususnya pada kemasan daging kurban. lebih aman dari plastik daur ulang berwarna gelap,” pungkasnya. (@berbohong).

banner 336x280
banner 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published.