banner 728x250
Berita  

DPRD Kota Pangkal Pinang Studi Banding Bantuan Hukum Masyarakat Miskin Di Kota Bekasi

banner 468x60

BEKASI – Pansus 17 DPRD Kota Pangkalpinang melakukan kunjungan kerja ke Bagian Hukum Setda Kota Bekasi, dalam rangka konsultasi terkait pembahasan Raperda bantuan hukum bagi masyarakat miskin.

banner 336x280

Diterima oleh Sub Koordinator Sistem Jaringan Dokumentasi Informasi Hukum, Santi Maria di ruang rapat Asda III, Kota Bekasi, Jumat (30/09/22).

Ketua rombongan sekaligus Ketua Pansus 17 DPRD Pangkalpinang, Rio Setiady menjelaskan, ingin mendapatkan masukan dari bagian hukum Setda Kota Bekasi terkait pembahasan Raperda kepada masyarakat miskin terkait hukum.

Bagi masyarakat miskin yang tidak memiliki biaya untuk berperkara dapat mengajukan bantuan hukum ke LBH yang telah terakreditasi di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia yang biayanya dibantu melalui APBD Kota Bekasi.

“Tujuan dari kunjungan kami adalah untuk meminta sharing ilmu dengan Pemkot Bekasi mengenai bagian hukum bagi masyarakat miskin. Karena Kota Pangkalpinang belum terbentuk, maka belum ada peraturan mengenai bantuan hukum bagi masyarakat miskin seperti yang ada di Kota Bekasi, ” ucap Rio.

“Kami ingin konsultasi langsung terkait pengalaman yang ada di sini, kasus apa saja yang ditangani dan bagaimana mekanisme teknis penanganan kasus masyarakat dari mulai masyarakat datang sampai kasus selesai, sampai dengan keputusan penetapan inkrah hukum. ,” dia menambahkan.

Santi Maria menjelaskan, mengenai pengalaman dan kasus yang ditangani di Kota Bekasi, serta secara teknis mekanisme dari awal masyarakat ada kasus dan dia tidak punya uang untuk membayar kasus tersebut, sedangkan untuk membayar kasusnya dia menggunakan dana. pergi ke pengadilan dan sebagainya. -lainnya.

Ia mengucapkan terima kasih telah berada di Kota Bekasi dalam berbagi ilmu dan pengalaman yang akan diterapkan di Kota Pangkal Pinang, semoga menjadi kota yang menginspirasi dan sukses selalu.

Dan mohon maaf bagi pimpinan yang sedang bertugas diluar tidak bisa menjamu secara langsung kepada anggota pansus 17 Kota Pangkal Pinang.

Acara dilanjutkan dengan dialog interaktif, foto bersama dan pemberian cinderamata dari Pemkot Bekasi. (Ndoet/Int.Sal)

banner 336x280
banner 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *