banner 728x250
Berita  

Dinas Sosial Kota Bekasi Terima Tenaga Pemkab Pandeglang

banner 468x60

BEKASI – Komisi IV DPRD Kabupaten Pandeglang melakukan kunjungan kerja ke Dinas Sosial, dalam rangka konsultasi reformasi Perlindungan Sosial (Basis Data Registrasi Sosial Ekonomi) di Dinas Sosial Kota Bekasi, Jawa Barat, Jumat (30 /09/22).

banner 336x280

Plt. Sekretaris Dinas Sosial Kota Bekasi, Nilla mengatakan, Dinas Sosial memiliki banyak program yang membutuhkan data, namun selalu terkendala dengan koneksi ke data.

Adanya rencana pendataan yang akan dilakukan oleh BPS yaitu Data Regsosek merupakan harapan akan adanya data yang benar-benar valid, sehingga akan mempengaruhi tepat sasaran dalam memberikan bantuan kepada yang berhak.

Regsosek adalah data registrasi sosial ekonomi yang menginformasikan tentang: demografi sosial ekonomi, kondisi perumahan, sanitasi dan air bersih, kepemilikan aset, kondisi kerentanan kelompok penduduk khusus, informasi geospasial, tingkat kesejahteraan dan informasi sosial ekonomi lainnya.

Ketua rombongan sekaligus Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Pandeglang, M.Habibi Arafat menjelaskan, kedatangan kami ingin mendapatkan masukan dari Dinas Sosial Kota Bekasi terkait bansos.

“Tujuan kunjungan kami adalah untuk meminta sharing ilmu dengan Dinas Sosial Kota Bekasi mengenai masalah masalah bantuan data di Kabupaten Pandeglang. Kami ingin konsultasi langsung terkait pendataan karena selain mereka tidak masuk dalam DTKS, bantuan tersebut yang diterima juga tidak seimbang dengan yang dibutuhkan.

Ada rencana Regsosek yang akan mulai didata oleh BPS mulai 15 Oktober hingga 14 November dan datanya langsung dari masyarakat, saya berharap kedepannya masyarakat yang sangat membutuhkan benar-benar mendapatkan bantuan,” pungkasnya.

Pada gilirannya memberikan sambutan dari Kabag Penanggulangan Kemiskinan, Yeyen menjelaskan terkait DTKS ini sudah memiliki SOP untuk verifikasi validasi data, kami melakukannya dengan melibatkan 12 Kecamatan 56 Kelurahan di Kota Bekasi.

Kuncinya adalah bagaimana teman-teman di bawah, khususnya RT RW, mendata warganya, benar atau tidak, dan efisien bagi kita untuk bertanggung jawab atas data yang sudah diterima dari daerah tersebut,” kata Yeyen.
(Bon/INT. RWD)

banner 336x280
banner 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *