banner 728x250
Berita  

BWI Menindak Tegas Penempatan Rambu di Fasilitas Wakaf Terbengkalai

banner 468x60

Pandeglang, Banten – Tindak lanjut hasil survey Badan Wakaf Indonesia Provinsi Banten (BWI), di lokasi tanah terlantar dan sarana wakaf di Kp. Kalumpang, Desa Rancatereup, Kec. Labuan, Kab. Pandeglang, Banten, pihaknya langsung mengambil sikap tegas dengan memasang plang.

banner 336x280

Pemasangan rambu tersebut merupakan bentuk tanggung jawab BWI, suatu lembaga yang ditunjuk oleh Pemerintah untuk mengendalikan dan mengawasi lokasi dan fasilitas wakaf apakah berjalan dengan baik atau tidak.

Sekjen BWI Prov. KH Asep mengatakan, setelah melakukan survei langsung ke lokasi dan menemukan pelanggaran di lokasi tanah wakaf Kp. Kalumpang, Desa Rancatereup, Kec. Labuan, Kab. Pandeglang, sesuai dengan UUD Wakaf Nomor 41 Tahun 2004 Pasal 44 butir l, Pasal 67 butir 2 tentang peruntukan tanah wakaf, Pasal 13 butir l tentang tugas Nadzir, maka dipasanglah rambu-rambu.

“Berdasarkan hasil survei di lokasi tanah dan sarana wakaf, diketahui Nadzir telah melanggar UUD Wakaf, untuk itu kami menindak tegas dengan memasang tanda yang menyatakan bahwa tanah dan sarana wakaf di Kp. KH Asep Rabu (7/9/2022).

KH Asep juga menyampaikan bahwa semua Nadzir yang telah sah menjadi Nadzir atau pengelola tanah dan sarana wakaf dapat memelihara dan memelihara dengan baik, dan Nadzir hanya sebagai pengelola, bukan pemilik tanah. karena sesuatu yang telah diwakafkan dan didaftarkan pada BWI harus dijaga dan dirawat dengan baik, jika tidak dirawat atau diubah peruntukannya dapat dikenakan sanksi administratif sampai dengan sanksi pidana sesuai dengan UUD Wakaf.

“Nadzir Hukum memiliki kewajiban untuk menjaga, mengelola, merawat tanah dan sarana wakaf sesuai peruntukannya yang telah terdaftar di BWI, sesuai dengan UUD Wakaf Prov Banten.

Di akhir, ia menegaskan bahwa ia memerintahkan para Wakif atau pemberi wakaf untuk mengukur ulang luas tanah oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN).

“Kami juga memerintahkan kepada Wakif untuk kembali mengukur luas tanah oleh BPN untuk memastikan luas tanah yang dihibahkan,” pungkasnya.

Pemasangan signage tersebut dilakukan oleh BWI Kab. Pandeglang, sebagai perwakilan dari BWI Prov. Banten yang disaksikan oleh Komunitas Toko dan tokoh agama setempat. (Putra).

banner 336x280
banner 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published.