banner 728x250
Berita  

Bupati Barut Serahkan Dokumen Batas Administratif ke Kemendagri

banner 468x60

Barito Utara – Bupati Barito Utara, H Nadalsyah menyerahkan Dokumen Batas Administratif Kabupaten Barito Utara antara Kabupaten Provinsi Kalimantan Tengah, antara Provinsi Kalimantan Timur dan Provinsi Kalimantan Selatan, Kamis (25/8/2022) kepada Direktur Utama Toponimi dan Batas Wilayah pada Direktorat Jenderal Pembinaan Pemerintahan Daerah. Kementerian Dalam Negeri, di Jakarta, Kamis (25/8/2022).

banner 336x280

Dalam penyampaian data dan dokumen tata batas, Bupati didampingi Sekretaris Daerah, Drs Muhlis, Kepala Dinas PUPR, M Iman Topik, dan Kepala Bidang Pemerintahan, BP Girsang, SP. Dokumen yang diserahkan adalah Batas Administratif Kabupaten Barito Utara antara Kabupaten Provinsi Kalimantan Tengah, antara Provinsi Kalimantan Timur dan Provinsi Kalimantan Selatan.

Hal ini juga sebagai tindak lanjut dari hasil rapat virtual pada Senin, 8 Agustus 2022 dan dalam rangka Percepatan Penyelesaian Permukiman Batas Kabupaten Barito Utara Provinsi Kalimantan Tengah pada ruas batas antar Kabupaten di Kalimantan Tengah. Provinsi dan antara Provinsi Kalimantan Timur dan Provinsi Kalimantan Selatan.

Rombongan Bupati Barito Utara diterima langsung oleh Direktur Toponimi dan Batas Wilayah Ditjen Pemerintahan Daerah Kemendagri Sugiarto beserta jajarannya di Ruang Rapat Direktur Toponimi dan Batas Wilayah , Dirjen Pembinaan Pemerintahan Daerah, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Dalam kesempatan itu Bupati Barito Utara, H Nadalsyah memberikan tanggapannya atas penetapan titik dan penggambaran garis batas oleh Tim Penegasan Batas Daerah (PBD) Pusat terkait batas wilayah Kabupaten Barito Utara dengan Kabupaten Murung Raya dan Kabupaten Barito Utara. Kabupaten Barito Selatan (Kalteng), Kabupaten Paser, Kutai Timur. dan Mahakam Hulu (Kalimantan Timur), dan Kabupaten Tabalong (Kalimantan Selatan).

Bupati H Nadalsyah berharap Tim PBD Pusat dapat menampung usulan yang disampaikan oleh Tim PBD Kabupaten Barito Utara.

“Mudah-mudahan Kemendagri melalui Dirjen Pemerintahan Daerah dapat memutuskan yang terbaik, sehingga sempadan Kabupaten Barito Utara segera selesai,” kata H Nadalsyah.

Selain itu, Bupati juga berharap agar dokumen-dokumen yang telah diserahkan menjadi acuan dalam menentukan batas wilayah.

“Khususnya PBD Kab. Barut bersama Tim PBD Kalteng dan Pemprov Kalteng melakukan verifikasi lapangan beberapa waktu lalu,” jelas H Nadalsyah.

Bupati mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berupaya maksimal untuk menyelesaikan sempadan batas Kabupaten Barito Utara dengan beberapa kabupaten lain dari Provinsi Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan.

“Kami akan menerima apapun keputusan yang akan diberikan Kemendagri terkait penataan batas ini,” pungkasnya. (@kebohongan/Pro).

banner 336x280
banner 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published.