banner 728x250
Berita  

Berhasil diselenggarakan, 23 Peserta UKW Kelas XVIII dinyatakan kompeten

banner 468x60

Palangka Raya, Kalimantan Tengah – Uji Kompetensi Wartawan (UKW) XVIII yang diselenggarakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) di Kalimantan Tengah (Kalteng) berhasil dilaksanakan. Kegiatan berlangsung selama dua hari (24-25 September 2022).

banner 336x280

Kegiatan di Aula Hotel Aurila Palangka Raya ini diikuti oleh 25 wartawan dari sejumlah kabupaten di Bumi Tambun Bungai. Dari jumlah tersebut, 23 orang dinyatakan kompeten.

Saat mengumumkan jumlah wartawan yang dinyatakan berkompeten, Endro S Efendi selaku penguji tingkat utama mengatakan, awalnya yang mendaftar 29 peserta, namun hanya 25 peserta yang ikut.

“Empat orang mengundurkan diri karena berbagai alasan. Sebanyak 25 peserta terlibat, 23 dinyatakan kompeten dan dua tidak. Yang level mana yang belum berkompeten biar jadi rahasia kita semua,” ujar Ketua PWI Kaltim itu.

Ketua PWI Kalteng (Kalimantan Tengah), HM Harris Sadikin mengingatkan, uji kompetensi bukanlah akhir dari skala penilaian profesionalisme jurnalis.

Menurutnya, setiap jurnalis yang telah mengikuti uji kompetensi, harus terus dipantau dalam aktivitasnya sehari-hari.

Jika ada pelanggaran UU Pers atau kode etik, akan diberikan sanksi.

“Bahkan bisa dicabut sertifikat kompetensinya,” kata Haris di Hotel Auralia Palangka Raya, Minggu, 25 September 2022.

Secara terpisah, Wakil Kepala Dinas Pendidikan PWI Kalteng Seventin Gustapatmi mengatakan, jurnalis yang sudah memiliki sertifikat kompetensi tentunya akan bekerja lebih profesional.

Ia berharap, setiap jurnalis dapat menerapkan keterampilan dan pengetahuannya terhadap Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999, khususnya Pasal 7 Ayat 2, tentang Kode Etik Jurnalistik (KEJ) dan peraturan perundang-undangan lainnya.

“Semakin kompeten jurnalis, semakin berkualitas media yang menaungi mereka,” pungkasnya. (@kebohongan/Tim).

banner 336x280
banner 120x600

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *